Joint Venture dan Waralaba (Franchise)

Joint Venture dan Waralaba (Franchise)

Joint Venture
1.     Pengertian Joint Venture
            Tidak semua kegiatan usaha bisa dilakukan sendiri, karena berbagai alasan, baik alasan teknis produksi, alasan penguasaan pasar, maupun semata-mata alasankeuangan. Maka beberapa orang atau beberapa pihak bersama-sama mendirikan satu perusahaan, baik dengan pihak-pihak dalam satu negara bahkan lintas negara. Pada eraglobalisasi seperti sekarang, sudah biasa melihat perusahaan patungan dengan pemegang saham yang berasal dari banyak negara. Karena itu sudah menjadi makin susah untuk menyebut negara asal mana yang mendominasi satu perusahaan. 
            Joint Venture atau bisa disebut dengan perusahaan patungan adalah kesatuan yang dibentuk antara 2 pihak atau lebih untuk menjalankan aktivitas ekonomi bersama.

2.    Jenis-jenis Joint Venture
                             a.            Joint Venture Domestic
          Hal ini terjadi antara perusahaan domestic, yaitu perusahaan yang terdapat di dalam negeri
                             b.            Joint Venture Internasional
            Joint Venture ini terjadi apabila salah satu dari perusahaan itu adalah perusahaan asing

3.    Manfaat Joint Venture
Menurut Raaymakers, manfaat dari kontrak Joint Venture adalah:
Ø Pembetasan resiko
Ø Pembiayaan
Ø Menghemat tenaga
Ø Rentabilitas
Ø Kemungkinan optimasi know-how
Ø Kemungkinan pembetasan kongkurensi (saling ketergantungan)

4.    Ciri-ciri Joint Venture
Berikut ini ciri-ciri dari gabungan perusahaan atau joint venture:
                      a.     Perusahaan baru yang didirikan oleh beberapa perusahaan lain secara bersama-sama,
                     b.     Di Indonesia, Joint venture merupakan kerjasama antara perusahaan domestik dan asing,
                      c.     Modalnya berupa saham yang diperloheh atau disediakan oleh perusahaan pendiri dengan perbandingan tertentu dari setiap perusahaannya,
                     d.     Kekuasaan dan hak suara didasarkan pada banyak saham masing-masing perusahaan pendiri,
                      e.     Kekuasaan dan hak suara didasarkan pada banyak saham masing-masing perusahaan pendiri,
                       f.     Perusahaan pendiri Joint venture tetap memiliki eksistensi dan kebebasan masing-masing,
                     g.     Resiko ditanggung secara bersama-sama antara masing-masing partner melalui perusahaan yang berlainan.

5.    Kelebihan Joint Venture
Kelebihan dari Joint Venture diantaranya adalah sebagai berikut:
                          a.     Sekutu lokal lebih memahami tentang keadaan lingkungan dimana perusahaan Joint Venture didirikan seperti misalnya adat istiadat, kebiasaan dan Lembaga kemasyarakatan dilingkungan setempat.
                          b.     Sekutu lokal mungkin memilki teknologi yang cocok untuk lingkungan setempat.
                           c.     Akses kepasar modal negara tuan rumah dapat dipertinggi oleh hubungan dan reputasi sekutu lokal.

6.    Kekurangan Joint Venture
Kekurangan dari Joint Venture diantaranya adalah sebagai berikut:
                          a.     Jika salah dalam memilih sekutu maka akan meningkatkan resiko politik yang dihadapi.
                          b.     Adanya harga transfer produk atau komponen akan menimbulkan konflik kepentingan antara kedua belah pihak.
                           c.     Dapat terjadi perbedaan pandangan antara sekutu lokal dengan perusahaan.

Waralaba (Franchise)
1.     Pengertian Waralaba
             Waralaba adalah hak-hak khoirul untuk menjual suatu produk atau jasa maupun layanan. 
2.    Jenis-jenis Waralaba
                         a.     Waralaba Menurut Kriteria atau Produk yang Ditawarkan
v Waralaba produk
            Produk yang ditawarkan adalah berupa barang misalnya makanan.
 Contoh dari jenis usaha waralaba produk antara  lain adalah seperti Mc Donald, KFC, Kebab Turki, dan lain-lain.
v Waralaba jasa
Dalam jenis usaha ini yang ditawarkan adalah produk yang berwujud layanan jasa, misalnya seperti pendidikan, studio photo atau jasa sewa video, dan jasa agen perjalanan atau travel.
Contoh dari jenis usaha waralaba jasa antara lain adalah seperti bimbingan belajar hafara dan aliago travel.
v Waralaba gabungan
Dalam jenis usaha ini yang ditawarkan adalah produk yang digabungkan atau dengan kata lain produk yang ditawarkan adalah barang dan jasa.

                          b.     Waralaba Menurut Asalnya
v Waralaba berasal dari luar negeri
Waralaba jenis ini lebih cenderung disukai oleh masyarakat, alasannya adalah sistem yang berlaku lebih jelas, merek-merek perusahaan sudah diterima oleh orang-orang di penjuru dunia, selain itu dinilai lebih bergengsi.

v Waralaba berasal dalam negeri
Waralaba jenis ini termasuk dalam salah satu pilihan investasi bagi orang-orang yang ingin menjadi pengusaha dengan cepat namun orang tersebut tidak memiliki pengethuan cukup mengenai awal dan kelanjutan usaha oleh pemilik waralaba. 
Contoh dari jenis waralaba yang berasal dari dalam negeri adalah Restoran cepat saji.

                           c.     Waralaba Menurut IFA
Dalam International Franchise Assocoation (IFA) terdapat empat jenis waralaba yang umumnya digunakan di Amerika Serikat yaitu
v  Product Franchise
Dalam jenis waralaba ini umumnya produsen memiliki hak dalam mengontrolsecara penuh mengenai detail yang mendistribusikan produknya.
Contoh dari jenis waralaba  ini yaitu seperti sebuah toko computer dan pemilik toko tersebut menjual printer merek HP.

v  Manufacturing Franchise

Jenis waralaba Manufacturing Franchise, setiap badan usaha yang memproduksi produk akan diberikan hak, untuk kemudian menjualnya kepada masyarakat dengan syarat yaitu menggunakan merek dagang dan merek waralaba. Biasanya jenis waralaba ini ditemukan dalam industri makanan dan minuman.

v  Business Opportunity Ventures
Waralaba jenis Business Opportunity Ventures mewajibkan kepada pemilik bisnis agar membeli dan mendistribusikan produk-produk dari suatu perusahaan tertentu. Selain itu perusahaan tersebut harus menyediakan pelanggan dan rekening bagi pemilik bisnis.
Contohnya adalah pengusaha mesin-mesin penjualan otomatis atau distributorship.
v  Business Format Franchising
Business format franchising merupakan perusahaan mempunyai metode dalam hal pemberian pilihan berupa bisnis kepada pemilik bisnis dengan menggunakan nama dan merek dagang dari perusahaan.
Contoh perusahaan yang menggunakan waralaba jenis business format franchisingyaitu sepertu MC Donald’s, Starbucks Coffe, Dunkin’ Donuts, dan KFC.

Referensi
http://akbarmalawat-pengetahuan.blogspot.com/2012/10/joint-venture.html (diakses pada tanggal 20 Oktober 2018 jam 18:15)

Komentar

  1. Salam kenal dari manajemen www.franchisepedia.id yang merupakan Direktori Waralaba Indonesia, disini kami hanya ingin menawarkan bagi anda yang mempunya poduk franchise dan ingin masuk dalam listing kami silakan hububngi kami via email,

    Terima kasih
    Francisepedia.id

    BalasHapus

Posting Komentar