Perbedaan
5P dan 7P
1.
Apa
itu 5P dan 7P
v
5P
5P adalah
taktik marketing yang dapat Anda gunakan dalam kombinasi yang berbeda – beda
untuk memenangkan hati klien dalam target market Anda.
a. Product
Yang dimaksudkan product ini yaitu apa yang
Anda jual, termasuk fitur dan keuntungan yang akan didapatkan oleh Klien Anda
dengan membeli produk atau servis Anda. Saat memasarkan product Anda, pikirkan
fitur kunci dan kelebihan yang diinginkan atau dibutuhkan oleh klien Anda. Anda
dapat menggunakan research and development untuk menginfokan perkembangan baru
dari produk
b. Price
Price berhubungan dengan strategi harga
produk dan servis dan bagaimana itu akan mempengaruhi klien Anda. Anda harus
mengidentifikasikan seberapa besar klien Anda akan membayar produk Anda, margin
profit dan metode pembayaran, juga biaya lainnya. Untuk menarik pelanggan dan
memenangkan kompetisi, Anda sepertinya juga harus mempertimbangkan kemungkinan
memberikan diskon.
c. Promotion
Aktivitas promosi yang patut Anda gunakan
untuk menarik klien Anda seperti iklan, taktik penjualan, promosi, dan
penjualan langsung. Secara umum kegiatan tersebut disebut sebagai taktik
marketing.
d. Place
Place
adalah dimana produk atau servis Anda akan dilihat, dibuat, dijual, atau
didistribusikan. Akses klien menuju ke produk atau servis Anda adalah kunci
utama dan sangat penting untuk memastikan klien dapat menemukan Anda dengan
mudah. Jika Anda baru memulai bisnis baru, menemukan lokasi bisnis yang tepat
adalah kunci utama taktik marketing Anda.
e. People
People
mengacu pada staf dan salesman yang bekerja untuk bisnis Anda, termasuk diri
Anda sendiri. Saat Anda menyediakan customer service yang un ggul, Anda
telah membangun pengalaman positif untuk klien Anda, dan secara tidak langsung
Anda juga telah menjual brand Anda pada klien. Sebagai balasan, klien yang ada
akan menyebarluaskan servis unggul Anda dan menjalankan program referral Anda.
v 7P(commercial)
Yaitu bauran pemasaran (marketing mix), lalu bauran promosi (promotion mix) yang sebenarnya adalah bagian dari marketing mix, namun kini lebih spesifik. Dalam marketing mix perusahaan jasa khususnya, ada unsur-unsur atau elemen yang menjadi dasar pertimbangan pengambilan keputusan dalam pembuatan strategi komunikasi pemasaran, yaitu 4P ditambah 3P : product, price, place, promotion, people, process, dan physical evidence.
Yaitu bauran pemasaran (marketing mix), lalu bauran promosi (promotion mix) yang sebenarnya adalah bagian dari marketing mix, namun kini lebih spesifik. Dalam marketing mix perusahaan jasa khususnya, ada unsur-unsur atau elemen yang menjadi dasar pertimbangan pengambilan keputusan dalam pembuatan strategi komunikasi pemasaran, yaitu 4P ditambah 3P : product, price, place, promotion, people, process, dan physical evidence.
a. Product (The Services)
Produk jasa merupakan
produk yang dapat memberikan manfaat, memenuhi kebutuhan konsumen, dan dapat
memuaskan konsumen. Sesungguhnya pelanggan tidak membeli barang atau jasa,
tetapi membeli manfaat dari sesuatu yang ditawarkan. Pengertian yang ditawarkan
menunjukkan sejumlah manfaat yang didapat oleh konsumen, baik barang atau jasa
maupun kombinasinya.
b. Price
Penetapan harga
merupakan suatu hal penting. Perusahaan akan melakukan hal ini dengan penuh
pertimbangan karena penetapan harga akan dapat mempengaruhi pendapatan total
dan biaya. Harga merupakan faktor utama penentu posisi dan harus diputuskan
sesuai dengan pasar sasaran, bauran ragam produk, dan pelayanan, serta
persaingan.
c. Place
Tempat atau lokasi yang
strategis akan menjadi salah satu keuntungan bagi perusahaan karena mudah
terjangkau oleh konsumen, namun sekaligus juga menjadikan biaya rental atau
investasi tempat menjadi semakin mahal. Tingginya biaya lokasi tersebut dapat
terkompensasi dengan reducing biaya marketing, sebaliknya lokasi yang kurang
strategis akan membutuhkan biaya marketing lebih mahal untuk menarik konsumen
agar berkunjung. Dekorasi dan desain sering menjadi daya tarik tersendiri bagi
para target konsumen. Kondisi bangunan juga menjadi persyaratan yang memberikan
kenyamanan.
d. Promotion
Promosi
merupakan suatu aktivitas dan materi yang dalam aplikasinya menggunakan teknik,
dibawah pengendalian penjual/produsen, yang dapat mengkomunikasikan informasi
persuasif yang menarik tentang produk yang ditawarkan oleh penjual/produsen,
baik secara langsung maupun melalui pihak yang dapat mempengaruhi pembelian.
Tujuan kegiatan promosi antara lain :
Ø
Mengidentifikasi dan menarik konsumen baru
Ø
Mengkomunikasikan produk baru
Ø
Meningkatkan jumlah konsumen untuk produk yang telah dikenal secara
luas
Ø
Menginformasikan kepada konsumen tentang peningkatan kualitas produk
Ø
Mengajak konsumen untuk mendatangi tempat penjualan produk
Ø
Memotivasi konsumen agar memilih atau membeli suatu produk.
e. People
People
merupakan aset utama dalam industri jasa, terlebih lagi people yang merupakan
karyawan dengan performance tinggi. Kebutuhan konsumen terhadap karyawan
berkinerja tinggi akan menyebabkan konsumen puas dan loyal. Kemampuan knowledge
(pengetahuan) yang baik, akan menjadi kompetensi dasar dalam internal perusahaan
dan pencitraan yang baik di luar. Faktor penting lainnnya dalam people adalah
attitude dan motivation dari karyawan dalam industri jasa. Moment of truth akan
terjadi pada saat terjadi kontak antara karyawan dan konsumen. Attitude sangat
penting, dapat diaplikasikan dalam berbagai bentuk, seperti penampilan
karyawan, suara dalam bicara, body language, ekspresi wajah, dan tutur kata.
Sedangkan motivasi karyawan diperlukan untuk mewujudkan penyampaian pesan dan
jasa yang ditawarkan pada level yang diekspetasikan.
f. Process
Process,
mutu layanan jasa sangat bergantung pada proses penyampaian jasa kepada
konsumen.
g. Physical
Evidence
Building
merupakan bagian dari bukti fisik, karakteristik yang menjadi persyaratan yang
bernilai tambah bagi konsumen dalai perusahaan jasa yang memiliki karakter.
2. Perbandingan
5P dan 7P
5P
dan 7P itu memiliki hal yang sama yaitu ada product, price, promotion, place,
dan people sedangkan di 7P ada tambahan process dan physical evidence. Process yaitu mutu layanan jasa
sangat bergantung pada proses penyampaian jasa kepada konsumen. Mengingat bahwa
penggerak perusahaan jasa adalah karyawan itu sendiri, maka untuk menjamin mutu
layanan (quality assurance), seluruh operasional perusahaan harus dijalankan
sesuai dengan sistem dan prosedur yang terstandarisasi oleh karyawan yang
berkompetensi, berkomitmen, dan loyal terhadap perusahaan tempatnya bekerja. Pengertian
Physical Evidence yaitu Building merupakan bagian dari bukti fisik,
karakteristik yang menjadi persyaratan yang bernilai tambah bagi konsumen dalai
perusahaan jasa yang memiliki karakter . Perhatian terhadap interior,
perlengkapan bangunan, termasuk lightning system, dan tata ruang yang lapang
menjadi perhatian penting dan dapat mempengaruhi mood pengunjung. Bangunan
harus dapat menciptakan suasana dengan memperhatikan ambience sehingga
memberikan pengalaman kepada pengunjung dan dapat membrikan nilai tambah bagi
pengunjung, khususnya menjadi syarat utama perusahaan jasa dengan kelas market
khusus.
Referensi
https://mebiso.com/sudah-tahu-5p-dalam-marketing-ada-apa-saja-ini-dia-jawabannya/
(Diakses pada tanggal 09 November 2018, pukul 14:29)
http://masyitamaulidiaa.blogspot.com/2017/11/5p-dan-7p-dalam-bauran-pemasaran.html
(Diakses pada tanggal 09 November 2018, pukul 14:59)
Komentar
Posting Komentar